Sering Mengganggu Aktifitas, Kenali Penyebab dan Obat Kesemutan


Kesemutan adalah sebuah kondisi yang pastinya hampir semua orang pernah mengalaminya. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kebas atau kesemutan pada seseorang. Meskipun terlihat ringan dan menghilang secara spontan, namun anda juga tidak boleh terlalu meremehkan. Berikut ulasan tentang penyebab dan obat kesemutan yang perlu diketahui.

Pengertian Secara Medis

Kesemutan dalam istilah medis dikenal sebagai parestesia. Sensasi yang dirasakan ketika mengalami kesemutan adalah seperti munculnya sensasi tertusuk jarum atau bahkan sampai mati rasa pada bagian  tubuh tertentu. Bagian tubuh yang sering terkena serangan kesemutan adalah bagian telapak tangan, kaki dan juga kepala.

Parestesia ini terjadi dalam jangka waktu yang cukup panjang dan bersifat sementara. Hal ini terjadi biasanya disebabkan oleh hasil dari tekanan saraf pada bagian tertentu. Misalnya seperti ketika tidur dengan menindih bagian tangan atau duduk bersila dalam waktu yang lama. Sensasi kesemutan ini akan hilang ketika saraf tidak lagi tertekan.

Kesemutan juga dapat terjadi setelah seseorang melakukan aktivitas olahraga. Terdapat jenis kesemutan yang perlu diwaspadai. Kesemutan yang terjadi secara berkepanjangan bisa dikatakan sebagai gejala dari suatu penyakit tertentu seperti diabetes. Segera konsultasikan kondisi tersebut kepada dokter untuk mendapatkan penjelasan dan penanganan yang tepat.

Gejala Kesemutan

Parestesia atau kebas adalah gangguan yang dapat muncul di bagian tubuh mana saja dengan lokasi yang paling sering yaitu bagian tangan, kaki, dan kepala. Dalam parestesia, area yang terkena terasa seperti mati rasa, lemah, dan Seperti ditusuk dengan jarum atau bahkan terasa terbakar atau dingin. Gejala-gejala ini bisa bersifat sementara dan persisten atau berkepanjangan. 

Jika berlangsung lama, rasa kesemutan di bagian tubuh bisa menjadi kaku atau kesemutan di kaki bisa membuat yang anda sulit berjalan. Ciri-ciri gejala yang berhubungan dengan rasa kesemutan dan timbulnya gejala lain tergantung pada penyebabnya. Misalnya, dalam kasus parestesia yang disebabkan oleh komplikasi diabetes maka sensasi kesemutan dapat menyebar dari telapak kaki ke tungkai atau dari tangan ke lengan.

Penyebab Parestesia

Penyebab parestesia tidak dapat dipastikan. Sensasi kesemutan sementara terjadi akibat tekanan pada saraf atau penyumbatan sirkulasi darah. Kondisi ini dapat terjadi jika Anda menekuk kaki terlalu lama, seperti duduk dengan menyilangkan kaki atau tidur dengan tangan yang ditindih. Penyebab lainnya yang menimbulkan kebas adalah melakukan aktivitas dengan gerakan berulang.

Contoh dari aktivitas dengan gerakan mengulang seperti pemain biola dan atlet tenis. Di sisi lain, kesemutan yang terus-menerus bisa menjadi tanda penyakit seperti Kekurangan vitamin B12, Penyakit menular seperti HIV/AIDS, hepatitis B, hepatitis C. Selain itu bisa juga merupakan gejala gangguan sistem kekebalan tubuh seperti lupus dan rheumatoid arthritis atau efek samping kemoterapi.

Pengobatan Kesemutan

Pengobatan parestesia tergantung pada penyebabnya. Jika parestesia pasien merupakan gejala penyakit, dokter akan mengobati penyakitnya dengan melakukan pemeriksaan kadar gula darah bila penyebabnya adalah diabetes Jika penyebabnya adalah kekurangan vitamin B12, konsumsilah suplemen vitamin B12 Menurunkan tekanan darah bila penyebabnya adalah tekanan darah tinggi. 

Selain langkah-langkah di atas, dokter Anda akan meresepkan obat kesemutan untuk meredakan gejala seperti pregabalin dan gabapentin yang akan membantu meringankan gejala neuropati diabetik. Dokter juga dapat mengubah atau menghentikan pengobatan yang menyebabkan paresthesia. Operasi dapat dilakukan dalam kondisi tertentu seperti Kista saraf atau ganglion terjepit.

Banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya kesemutan. Penggunaan pakaian yang terlalu ketat juga dapat menimbulkan efek kebas sementara. Untuk itu, anda perlu memperhatikan segala hal yang dapat menghambat kelancaran peredaran darah. Jika mengalami kesemutan, anda juga bisa mencoba menggunakan obat yang disediakan oleh neurobion.com

Posting Komentar

0 Komentar