Mengenal Apa Itu Kata Kerja Mental Beserta Contohnya, Cari Tahu Disini


Sebelum membahas tentang contoh kata kerja mental, sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu pengertian dari kata tersebut. Kata kerja ini sendiri merupakan sebuah kata yang mengungkapkan reaksi seseorang pada sebuah keberadaan, tindakan dan juga pengalaman. Jika anda masih bingung, intip ulasannya berikut.

Sekilas yang Perlu Anda Tahu Tentang Kata Kerja Mental

1. Pengertiannya

Kata kerja satu ini memang dikenal untuk mengungkapkan bagaimana reaksi seseorang akan sebuah tindakan. Tidak hanya itu saja, kata kerja tersebut juga kerap kali disebut dengan verba tingkah laku atau behavioral verb. Dimana kata kerja ini memang menggambarkan tentang bagaimana tindakan, keadaan, dan proses tertentu yang dilakukan oleh subjek.

Untuk itu, jenis kata kerja satu ini memang merupakan pada makna yang terkait dengan penemuan, perencanaan, pemahaman dan juga keputusan. Sedangkan jika berbicara mengenai fungsinya sendiri, yakni sebagai predikat inti di dalam kalimat dan juga mampu memiliki fungsi yang lain juga.

Kemudian, jika anda ingin tahu contoh kata kerja mental, anda juga perlu mengetahui bahwa kata satu ini juga merupakan bagian dari kalimat verbal aktif serta kalimat verbal aktiv intransitive. Oleh karena itu, dengan mengetahui pengertiannya secara sekilas, anda nantinya akan bisa lebih mudah menemukan kata kerja satu ini pada sebuah kalimat.

2. Contohnya

Adapun contoh dari kata kerja satu ini terdapat dari beberapa kata. Mulai dari menyimpulkan, berasumsi, berpendapat, mengagumkan, menduga hingga memperkirakan. Semua bentuk kata tersebut memang berupa tindakan akan sesuatu hal yang dilakukan oleh objek tersebut. Ada juga beberapa kata lain seperti memarahi, memikirkan, merasakan, ikhlas, hingga khawatir dan bahagia.

Apabila anda ingin tahu tentang bagaimana contoh kata kerja mental di dalam sebuah kalimat, ada beberapa contohnya. Sebut saja seperti, Dewi mengharapkan putranya menjadi orang yang sukses. Dengan adanya kata mengharapkan tersebut, hal ini merupakan perencanaan atas tindakan yang dilakukan oleh subjek tersebut. Dimana pada kalimat tersebut, subjek adalah Dewi.

Selanjutnya, ada pula contoh kalimat yakni, Amel menikmati makan siang yang dibuat oleh ibunya. Kata menikmati menunjukkan sebuah tindakan jika Amel yang merupakan objek memang suka dengan makan siang yang dibuat oleh ibunya tersebut. Dengan contoh contoh yang telah dipaparkan tersebut, tentu saja akan memudahkan anda di dalam membuat kalimat.

3. Ciri Cirinya

Setelah mengetahui contohnya, anda juga perlu untuk tahu apa saja ciri ciri dari kata kerja mental tersebut. Hal ini bertujuan agar nantinya lebih mudah di dalam melakukan identifikasi makna yang terdapat di dalam kata kerja tersebut. Untuk itu, dalam ladiestory.id, akan dirangkum beberapa ciri khas dari kata kerja satu ini.

Pertama adalah menjelaskan tentang persepsi, hal ini dapat terlihat dari kata merasakan dan melihat. Dalam kata kerja ini juga mengandung makna afeksi, dimana dapat ditemukan pada kata yakni mencintai dan menyukai. Selanjutnya, ciri khas yang lain adalah memiliki sifat yakni mengindikasikan akan suatu hal. Lalu, kata kerja ini juga memiliki hubungan dengan peran orang lain yang memicu fenomena tertentu.

Itulah beberapa hal yang perlu anda tahu tentang kata kerja mental. Pembahasan dengan contohnya tersebut tentu saja nantinya akan lebih memudahkan anda di dalam mengidentifikasikan kalimat atau kata mana saja yang merupakan kata kerja tersebut. Untuk itu, mengetahui apakah kalimat tersebut merupakan kata kerja mental tidak susah asal anda telah tahu ciri khas dan pengertiannya.

Posting Komentar

0 Komentar