Dampak Buruk Kecanduan Gadget pada Anak

money.kompas.com

Seiring perkembangan teknologi, gadget saat ini pun sudah berkembang menjadi semakin canggih. Kamu dapat melakukan banyak hal dengan hanya melalui satu alat elektronik yang kecil ini. Karena itu, hampir semua orang, terutama anak milenial selalu membawa gadget dimanapun dan kemana pun mereka pergi. 

Kecanduan gadget banyak dijumpai di kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa. Sejumlah indikasinya semisal menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar gadget, panik jika smartphone-nya ketinggalan, sering mengecek notifikasi gadget-nya bahkan hingga beberapa saat sebelum tidur dan lain-lain.

Gejala Kecanduan Gadget

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sudah terkena sindrom nomofobia alias kecanduan gadget. Berikut ini beberapa tanda dari kecanduan gadget yang perlu diperhatikan:
  • Saat kamu bangun tidur, kamu akan langsung mencari gadget saat membuka mata di pagi hari.
  • Kamu tidak bisa melewati hari tanpa menggunakan gadget.
  • Kamu akan merasa cemas yang luar biasa jika baterai smartphone sudah sangat rendah atau bahkan mati.
  • Kamu selalu ingin mengecek gadget-mu tiap 5 menit sekali.
  • Kamu selalu menggenggam gadget-mu ketika melakukan aktivitas apapun, entah itu sedang makan, berjalan, bahkan ke toilet.

Bila terdapat 3 dari 5 poin di atas maka keadaanmu saat ini menggambarkan kamu  sudah terkena sindrom nomofobia.

Dampak Kecanduan Gadget

1. Gangguan Mata

Mata yang terlalu sering digunakan untuk menatap layar gadget akan menjadi kering dan timbul rasa panas. Jika kecanduan gadget ini dibiarkan terlalu lama, maka mata bisa lelah, terasa tidak nyaman, merah, dan timbul gangguan penglihatan, seperti penglihatan menjadi kabur, minus mata bertambah, dan lain-lain.

2. Obesitas

Dalam sebuah studi yang melibatkan 90.000 orang partisipan, ditemukan bahwa ada korelasi positif antara obesitas (kegemukan) dan screen time (waktu yang dihabiskan di depan layar gadget). Dalam studi yang bersifat longitudinal ini juga ditemukan hasil yang hampir sama, bahwa obesitas dapat dikaitkan dengan lamanya waktu menonton TV yang berlebihan.

3. Postur Tubuh

Anak yang kecanduan gadget tanpa sadar sering menundukkan leher untuk melihat gadget-nya. Jika dibiarkan terlalu lama, maka akan berdampak pada postur tubuhmu yang jadi bungkuk.

4. Mengganggu Pola Tidur

Salah satu ciri anak yang kecanduan gadget adalah tidak bisa berhenti bermain gadget, bahkan sampai larut malam. jam tidurnya akan terganggu yang bahka dapat mengakibatkan insomnia. 

5. Kurang Bersosialisasi

Kecanduan gadget menyebabkan anak milenial hanya ingin berkomunikasi melalui aplikasi chatting yang ada di gadget saja dan enggan bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya.Akibatnya, hubungan pertemanan bahkan keluarga pun jadi merenggang karena gadget.

Posting Komentar

0 Komentar