Tips Aman dan 5 Inspirasi Fashion agar Tetap Fashionable saat Motoran

gatsby.co.id

Hari minggu sudah sebentar lagi? Atau tiba-tiba diajak touring? Tapi bingung mau pakai apa? 2021 saatnya upgrade gaya berkendara, yuk!

Motor adalah salah satu hobi yang sering digandrungi kaum adam karena menyuguhkan tantangan dan adrenalin. Selain itu, hobi ini juga mampu menghilangkan kejenuhan dari hiruk-pikuk kehidupan, katanya. Namun, alasan sebenarnya mengapa pria menyukai motor itu dapat dipengaruhi oleh kepribadian masing-masing, ‘kan?

Tak heran, riders atau pengendara motor pun mempunyai ciri khas dibandingkan golongan pria yang menyukai kendaraan roda empat, salah satunya adalah “rugged style”. Macho, Dominan, dan “tidak takut kotor” adalah poin utama dari gaya tersebut. Nah daripada kamu bingung, lebih baik kamu baca habis artikel ini, ya. 

Riding Apparel yang Wajib Digunakan Agar Bermotoran Aman

Di Indonesia, kecelakaan berkendara menjadi salah satu penyebab kecelakaan tertinggi, terutama sepeda motor yang bertambah setiap tahunnya. Hal ini ditandai dengan tidak adanya perhatian khususnya dari pengendara motor mengenai pengetahuan berlalu lintas dan riding apparel yang safety dan memadai. Tak hanya keamanan, tapi juga kenyamanan menjadi alasan pentingnya kedua hal tersebut. Lalu, riding apparel apa saja yang mesti kamu miliki dan gunakan selama di berkendara?

1. Jaket sebagai Perlengkapan Safety Riding

Sebagai pengendara yang lama berada di luar, perlengkapan safety riding untuk melindungi badan dari terpaan angin sangat penting. Selain itu, benda yang satu ini berfungsi sebagai pelindung dari radiasi sinar matahari dan juga benturan apabila terjatuh saat berkendara. 

Pilihlah jaket yang nyaman, misalnya sweater, jaket kulit, jaket semi jeans, atau jaket yang didesain dengan teknologi tiga lapisan, yaitu berbahan dasar outer material, seperti membrane dengan 15 film Pu Mikron dan Linning Mesh and Fleece.

2. Pilihlah Sepatu yang Tepat

Belum banyak para rider yang belum paham tentang kelebihan dari perlengkapan safety riding yang satu ini. Pilihlah sepatu ketimbang sandal karena bisa melindungi kaki lebih maksimal. Memilih sepatu untuk riding pun tak bisa sembarangan. Pertama-tama tentukan sepatu seperti apa yang kamu butuhkan, untuk touring, balap, atau hanya sepatu sandar. 

Selanjutnya, pilihlah sepatu yang dapat melindungi pergelangan kaki dan bantalan shifter, agar lebih nyaman dan tahan lama. Dan yang terakhir, perhatikan bahan, tahan air, dan sol dan heal berkualitas terbaik untuk stabilitas dan grip dalam segala cuaca.

3. Celana Juga Memegang Peranan Penting

Sebagai salah satu perlengkapan safety riding, celana terkadang sering diabaikan. Padahal keberadaannya juga sangat penting untuk mengurangi efek gesekan jika terjadi hal yang tak diinginkan di jalan. Jadi, pilihlah celana Panjang yang tidak mudah sobek dan juga waterproof. Karena selain melindungi cedera kaki, celana Panjang juga bisa meredam dinginnya hembusan angin.

4. Helm Sebagai Perlindungan Nomor 1

Ini dia salah satu perlengkapan safety riding super wajib yang mesti kamu miliki. Berbicara soal fungsi, helm digunakan untuk melindungi kepala dari bahaya benturan yang fatal, karena kepala merupakan segala pusat dari sistem kerja manusia. Pilihlah helm yang sesuai dengan ukuran kepala, jangan sampai kekecilan atau kebesaran. Kemudian, kriteria helm yang wajib dipakai adalah yang berstandar SNELL/ DOT/ SNI.

5. Jangan Remehkan Sarung Tangan

Perlengkapan terakhir yang wajib banget kamu miliki adalah sarung tangan, karena tanganmu digunakan untuk menarik tuas. Sedangkan tanganmu berpotensi untuk berkeringat dan kapalan. Pilihlah sarung tangan untuk perlengkapan safety riding yang berbahan nyaman dengan pola jahitan yang pas dengan lekuk telapak tangan. Hal ini perlu agar kamu mendapatkan posisi atau kelenturan ternyaman saat meregang maupun menggenggam. Poin lainnya yang patut dipertimbangkan adalah ukuran serta sistem sirkulasi udara yang baik.

Rekomendasi Outfit untuk Bikers Agar Riding Makin Kece

1. Jeans

Percayalah bahwa jeans adalah outfit terpenting untuk pria di situasi apapun, salah satunya saat berkendara motor. Kepraktisan dan kesan “rugged-nya” saat dipakai seringkali mampu menaikan aura sang pemotor. Satu nilai plus celana jeans adalah ketebalannya yang mampu melindungi pemotor saat berkendara, tetapi kamu harus pastikan membeli celana jeans yang original, ya! Tidak hanya itu, celana jeans juga mudah untuk dipadukan dengan atasan apa saja, seperti kaos oblong di atas. Sst… tapi tidak direkomendasikan untuk perjalanan jauh karena kamu bisa saja masuk angin.

2. Celana Cargo Pants!

Umumnya, cargo pants digunakan untuk kegiatan militer karena banyaknya saku. Namun pada era ini, cargo pants beralih menjadi celana yang sangat nyaman dan direkomendasikan untuk kegiatan outdoor seperti hiking atau berkendara. Selain karena bahan celana ini yang tebal sehingga mampu mengurangi luka gores, celana ini juga memiliki warna yang cenderung gelap sehingga menimbulkan kesan misterius dan macho.

3. All Black Outfit

Mungkin jika bertanya kepada kaum pria, warna apa yang paling banyak ada di lemarinya, mereka akan menjawab hitam. Bisa dibilang hitam adalah warna kebanggaan dan ternetral yang bisa dipakai dalam kegiatan apa saja, terutama berkendara motor. Kamu hanya perlu memadukan jaket kulit atau bomber hitam dengan ripped jeans hitam. Jangan lupakan juga boots hitamnya, ya! Percayalah, kepercayaan dirimu akan meningkat!

4. Kemeja Flannel

Flannel adalah kemeja andalan beberapa pria karena bahannya lembut dan bisa dipakai dalam acara formal atau semiformal. Selain itu, ketebalan kain flannel dapat mengurangi terpaan angin ke tubuh saat berkendara. Gaya ini bisa digunakan buat kamu yang tidak ada jaket kulit.

Sekali lagi, kepraktisan memang memegang peran penting dalam “rugged style” ini. Kamu bisa memadukan beberapa jenis pakaian yang ada, lho. Perlu kamu ingat, meskipun terkesan “urakan”, style ini tidak menghilangkan kesan elegannya. Jadi, kamu sudah siap untuk sunmori atau touring belum, nih?

Posting Komentar

0 Komentar